Terungkap, Ini Dia 8 Cara Terbebas dari Utang


Tiada gading yang tak retak, itu mungkin ungkapan yang cocok bagi kita sebagai manusia yang tak bisa lolos dari yang namanya utang.
Mau kaya, mau miskin orang tua atau dewasa pasti pernah yang namanya punya utang. Mau utang uang, utang jasa, utang budi atau pun utang-utang yang lainnya. Nah di sini saya mau coba bagikan cara-cara supaya kita dapat terbebas dari utang. Dan yang mau di bahas adalah utang uang,karena utang ini adalah utang yang membuat kita makan tak enak tidur pun tak nyenyak.
1. Jangan Berutang
Ini sudah jelas, supaya kita terbebas dari utang usahakan kita jangan berutang kalau sekiranya kita masih bisa menghindari itu dengan mengusahakan jalan lainnya kenapa tidak, terkecuali kita memang tak bisa menghindarinya, atau kita sudah kepepet istilahnya. Nah kalau sudah terlanjur mari lanjut ke cara yang seterusnya.

2. Kalkulasikan Pendapatan dan Pengeluaran Kita
Perhatikan pendapatan dan pengeluaran kita, jangan sampai lengah.Karena kalau pengeluaran kita tidak sepadan dengan penghasilan sudah barang tentu itu akan mengakibatkan kita punya utang.Jadi harus seimbang antara pendapatan dan pengeluaran,malah lebih bagus lagi sedikit pengeluaran, banyak pendapatan. Jangan seperti kata pepatah "Lebih Besar Pasak daripada Tiang"

3.Utamakan melunasi utang yang kecil dulu
Kenapa begitu, karena jika utang-utang yang kecil kita lunasi terlebih dahulu maka akan berkurang beban utang kita.

4. Hindari perilaku hidup Konsumtif
Konsumtif bisa dikatakan pemborosan, membeli hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan atau berlebihan dalam membeli barang. Sudah jelas ini akan mempengaruhi kondisi keuangan kita.

5.Pintar dalam membelanjakan uang kita
Karena kita dalam kondisi ingin segera terbebas dari utang, maka sebaiknya kita menerapkan perilaku hidup hemat. Misalnya bila kita biasa makan ayam di KFC, maka lebih baik kita beli ayam mentahnya dan membuat sendiri ayam chicken dan membeli tepung ayamnya di warung, sudah banyak sekarang tepung ayam dalam kemasan tinggal pakai. Nah berarti kita sudah bisa berhemat.

6. Mencari Kerja Sampingan
Jika kita ingin cepat terbebas dari utang, maka cara yang seterusnya adalah dengan mencari kerja sampingan untuk menambah penghasilan. Selama itu tidak mengganggu pekerjaan utama kita. Banyak sekarang di internet yang menyediakan pekerjaan tambahan sebagai pekerja lepas.

7. Jangan terlalu dipikirkan
Kalau kita terlalu memikirkan utang kita, yang ada kita jadi stres dan depresi. Dan mungkin kita pun tidak akan pernah bisa cepat terbebas dari utang itu. Karena alih-alih mencari jalan penyelesaian, waktu kita malah habis terpakai buat memikirkan utang kita.

8.Ajak Keluarga Kita untuk menerapkan Pola Hidup Hemat
Nah cara ini juga penting untuk dikerjakan, jangan sampai kita berhemat karena ingin cepat membayar utang, tapi anak atau istri kita malah boros, beri pengertian kepada mereka bahwa hidup hemat itu banyak manfaatnya. Dan yang paling penting bahwa kita berada dalam misi ingin terbebas dari utang.
Oldest